SMAKARNEWS — Event Akhir Semester Ganjil SMA Negeri 1 Karangjati, ESCO ( English Social Competition Olimpiade), resmi dimulai pada 16 Desember 2024 dan berlangsung hingga 18 Desember 2024.
Kegiatan diikuti dengan antusiasme yang tinggi. Sejak pagi, seluruh siswa, guru, dan undangan lainnya berkumpul untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang telah disiapkan.
Hari pertama kompetisi mempertandingkan lomba olimpiade SMP se-Ngawi Timur. Pada pagi hari pukul 07.00 dimulainya kegiatan dengan apel pagi lalu dilanjut dengan lomba akademik dan non-akademik.
Agenda diawali dengan upacara pembukaan yang meriah, dilanjutkan dengan lomba-lomba menarik seperti (E-sport ML, Olimpiade SMP, Desain Poster ), dan diakhiri dengan Pengumuman serta penyerahan Juara lomba.
Tujuan dari ESCO ini adalah untuk mengembangkan dan mewadahi bakat peserta didik, juga sebagai sarana promosi sekolah guna meningkatkan minat bersekolah di SMA Negeri 1 Karangjati. Dengan adanya ESCO, diharapkan dapat meningkatkan kreativitas siswa, mempererat tali silaturahmi, dan lain-lain.
“Kegiatan ESco ini merupakan wadah pengembangan bakat dan potensi siswa. Kami bangga dengan prestasi yang diraih dan mengucapkan selamat kepada para pemenang,” kata Bapak Zaenal Abidin M.Pd, Kepala SMAN 1 Karangjati.
Semebtara itu, salah satu peserta dari SMP Negeri 1 Karangjati mengaku senang bisa mengikuti ESCO di SMA Negeri 1 Karangjati.
“Panitia pelaksana sangat ramah dan cepat,” ujarnya.
Pelaksanaan ESCO SMAN 1 Karangjati menjadi inspirasi bagi siswa untuk terus mengembangkan kemampuan dan bakat mereka. Acara ini juga memperkuat kerjasama antar sekolah dan mempromosikan semangat kompetisi yang sehat.
Secara keseluruhan, ESCO hari pertama berjalan dengan sukses. Antusiasme peserta begitu tinggi dan membuat suasana acara semakin meriah.
ESCO, memasuki hari kedua dengan rangkaian kegiatan yang tak kalah seru dari hari pertama. Seluruh peserta diajak untuk berkompetisi dalam berbagai cabang olahraga, E-Sports, serta menampilkan karya terbaik mereka dalam gelar karya P5.
Olimpade SMA menjadi ajang bagi para siswa untuk menguji kemampuan akademik mereka dalam berbagai mata pelajaran. Suasana kompetisi yang ketat namun tetap menjunjung tinggi sportivitas mewarnai setiap babak perlombaan.
Sementara itu, turnamen E-Sports juga tak kalah seru dengan berbagai game populer yang dipertandingkan. Para gamers muda beradu strategi dan kecepatan untuk meraih gelar juara.
Selain kompetisi yang serius, panitia juga menyajikan hiburan yang lebih santai dengan mengadakan fun game balap karung. Kegiatan ini tidak hanya mengundang tawa, tetapi juga menjadi ajang keakraban antarpeserta.
Puncak acara hari kedua adalah gelar karya P5 dengan tema “Bangunlah Jiwa Raganya”. Para siswa menampilkan berbagai hasil karya yang berkaitan dengan kebugaran jasmani, seperti demo senam. Kegiatan ini menunjukkan kreativitas siswa dalam mengolah informasi dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.