Close Menu
    Info Terbaru

    Majalah SMAKARAYA Edisi 1 Tahun 2025

    Mon, 30 Jun 2025

    SMAN 1 Karangjati Buktikan Diri Sebagai Talenta Olahraga Unggul di O2SN

    Tue, 24 Jun 2025

    Pelatihan Anggota Brigade Penolong 13.21 – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Ngawi Tahun 2025 Di Taman Candi Ngawi

    Wed, 04 Jun 2025

    Bikin Bangga! Siswa SMAN 1 KARANGJATI Berhasil Menembus Kampus Impian Lewat SNBT 2025

    Fri, 30 May 2025

    Sukses di FLS3N Tingkat Kabupaten “SMAN 1 Karangjati Siap Berlaga di Tingkat Provinsi”

    Fri, 23 May 2025
    Facebook X (Twitter) Instagram YouTube
    SMAN 1 KarangjatiSMAN 1 Karangjati
    Saturday, 12 July 2025
    Instagram YouTube WhatsApp TikTok
    • Home
    • SmakarSIP
      • Profil
      • Sambutan Kepala Sekolah
      • Struktur Organisasi
      • Data Sekolah
      • Data Sarpras
      • Komite Sekolah
    • Double Track
    • Ekskul
    • Berita

      Majalah SMAKARAYA Edisi 1 Tahun 2025

      Mon, 30 Jun 2025

      SMAN 1 Karangjati Buktikan Diri Sebagai Talenta Olahraga Unggul di O2SN

      Tue, 24 Jun 2025

      Pelatihan Anggota Brigade Penolong 13.21 – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Ngawi Tahun 2025 Di Taman Candi Ngawi

      Wed, 04 Jun 2025

      Bikin Bangga! Siswa SMAN 1 KARANGJATI Berhasil Menembus Kampus Impian Lewat SNBT 2025

      Fri, 30 May 2025

      Sukses di FLS3N Tingkat Kabupaten “SMAN 1 Karangjati Siap Berlaga di Tingkat Provinsi”

      Fri, 23 May 2025
    • Prestasi ☆
    • Artikel
    • Pengumuman
    • SPMB 2025
      • Pengantar Kepala SMA Negeri 1 Karangjati
      • Persyaratan SPMB
      • Alur Pendaftaran SPMB
      • Tahap & Jadwal Pendaftaran SPMB
      • Tata cara pengambilan PIN & Pendaftaran
      • Layanan Konsultasi
      • Download Juknis SPMB
      • Pengumuman terkait SPMB
    SMAN 1 KarangjatiSMAN 1 Karangjati

    Persyaratan SPMB

    1. Calon Murid baru Satuan Pendidikan SMA atau SMK berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Juli 2025 dengan dibuktikan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisasi oleh lurah/kepala desa atau pihak yang berwenang sesuai dengan domisili calon Murid baru.
    2. Calon Murid baru Satuan Pendidikan SMA atau SMK telah menyelesaikan kelas 9 (sembilan) Satuan Pendidikan SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat dibuktikan dengan ijazah atau dokumen lain yang menyatakan kelulusan misalnya surat keterangan lulus (SKL).
    3. Calon Murid baru Satuan Pendidikan SMA atau SMK merupakan lulusan Satuan Pendidikan SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat tahun 2025 atau lulusan tahun sebelumnya.
    4. Dalam hal calon Murid baru lulusan tahun 2025 belum menerima ijazah/SKL, dapat menggunakan Surat Keterangan Kelas 9 (kelas akhir) yang diterbitkan oleh Kepala Satuan Pendidikan SMP/MTs atau bentuk lain yang sedarajat.
    5. Calon Murid baru Satuan Pendidikan SMA atau SMK yang telah lulus dari Satuan Pendidikan SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat sebelum tahun 2025, saat melakukan pengambilan PIN pada SPMB tahun ajaran 2025/2026 tidak sedang sekolah di Satuan Pendidikan SMA/SMK atau bentuk lain yang sederajat dan tidak tercatat sebagai Murid aktif di Dapodik atau Emis, dibuktikan dengan surat pernyataan orang tua/wali dari calon Murid baru (format surat pernyataan terlampir pada juknis);
    6. Calon Murid baru Satuan Pendidikan SMA atau SMK wajib terdaftar dalam kartu keluarga (KK) baik pada wilayah dalam rayon, wilayah luar rayon, atau wilayah luar rayon yang berbatasan, di wilayah provinsi Jawa Timur atau kabupaten/kota dari luar provinsi Jawa Timur yang langsung berbatasan dengan kabupaten/kota provinsi di wilayah Jawa Timur.
    7. Wilayah luar rayon yang berbatasan sebagaimana dimaksud pada huruf f adalah wilayah luar rayon yang berbatasan langsung dengan wilayah rayon lain dalam 1 (satu) kabupaten/kota, luar kabupaten/kota, dan/atau luar provinsi Jawa Timur.
    8. Kartu Keluarga (KK) sebagaimana dimaksud pada huruf f, diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran SPMB tahap I tahun 2025 tanggal 16 Juni 2025, dan dapat dengan memanfaatkan data kependudukan dan catatan sipil yang disediakan oleh Kementerian Dalam Negeri.
    9. Nama orang tua/wali calon Murid baru baik sebagai kepala dan/atau anggota keluarga yang tercantum pada kartu keluarga (KK) sebagaimana dimaksud pada huruf f harus sama dengan nama orang tua/wali calon Murid baru yang tercantum pada rapor/ijazah jenjang sebelumnya, akta kelahiran, dan/atau KK sebelumnya.
    10. Dalam hal terdapat perbedaan nama orang tua/wali calon Murid baru sebagaimana dimaksud pada huruf i, maka KK terbaru dapat digunakan jika orang tua/wali calon Murid: 1. meninggal dunia; 2. bercerai; atau 3. kondisi lain yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah, sebelum tanggal penerbitan KK terbaru.
    11. Orang tua/wali calon Murid yang meninggal dunia sebagaimana dimaksud pada huruf j angka 1 atau bercerai sebagaimana dimaksud pada huruf j angka 2 dibuktikan dengan akta kematian atau akta cerai yang diterbitkan oleh instansi berwenang.
    12. Dalam hal kartu keluarga (KK) sebagaimana dimaksud pada huruf f tidak dimiliki oleh calon Murid baru karena keadaan tertentu, maka dapat diganti dengan surat keterangan domisili (SKD) yang diterbitkan oleh lurah/kepala desa atau pejabat setempat lain yang berwenang tanpa dibatasi masa mulai berdomisili yang menerangkan jenis bencana yang dialami, dan melampirkan foto copy surat keputusan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat tentang status keadaan bencana.
    13. Keadaan tertentu sebagaimana dimaksud pada huruf (i) meliputi: 1. bencana alam; dan/atau 2. bencana sosial, di antaranya pengungsi akibat kerusuhan atau konflik sosial. Catatan: Menurut Undang-Undang No. 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana, disebutkan ada tiga jenis bencana, yakni bencana alam, nonalam dan sosial. Bencana nonalam diakibatkan oleh rangkaian peristiwa nonalam berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi, pandemi dan wabah penyakit.
    14. Dalam hal terjadi perubahan data KK dalam kurun waktu kurang dari 1 (satu) tahun dan bukan karena perpindahan domisili, KK dimaksud dapat digunakan sebagai dasar seleksi.
    15. Perubahan data pada KK yang tidak menyebabkan perpindahan domisili sebagaimana dimaksud pada huruf n, dapat berupa: 1. penambahan anggota keluarga (penambahan anggota ini selain calon Murid baru); 2. pengurangan anggota keluarga akibat meninggal dunia atau pindah); atau 3. KK baru akibat hilang atau rusak.
    16. Dalam hal terdapat perubahan data pada KK sebagaimana dimaksud pada huruf o, maka harus disertakan: 1. KK yang lama bagi perubahan data (penambahan atau pengurangan anggota keluarga) atau rusak; atau 2. surat keterangan kehilangan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia apabila KK hilang.
    17. Dalam hal perubahan data pada KK dalam kurun waktu kurang dari 1 (satu) tahun karena perpindahan domisili, maka harus disertai dengan kepindahan domisili seluruh keluarga yang ada pada KK tersebut.
    18. Dalam hal terdapat perubahan data pada KK dalam kurun waktu kurang dari 1 (satu) tahun karena perpindahan domisili sebagaimana dimaksud pada huruf q, maka harus disertakan KK lama.
    19. Dalam rangka verifikasi kebenaran data dalam KK, Dinas Pendidikan dapat berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil sesuai kewenangannya.
    20. Bagi calon Murid baru yang berdomisili di lembaga pondok pesantren/panti asuhan/panti sosial mengikuti domisili lembaga, dibuktikan dengan surat keterangan domisili dari lembaga dan dilengkapi dengan surat ijin/surat keputusan pendirian lembaga dari instansi yang berwenang, serta Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dari pimpinan lembaga.
    21. Surat keterangan domisili sebagaimana dimaksud pada huruf t, diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran SPMB tahap I tahun 2025 tanggal 16 Juni 2025.
    22. Calon Murid baru penyandang disabilitas telah menyelesaikan Satuan Pendidikan SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat.
    23. Calon Murid baru jalur penyandang disabilitas mempunyai surat keterangan tentang asesmen awal (asesmen fisik/psikologis, akademik, fungsional, sensorik dan motorik) dari dokter, dokter spesialis, psikolog, dan/atau kartu Penyandang Disabilitas yang dikeluarkan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang sosial, serta surat keterangan dari Kepala Satuan Pendidikan asal yang menerangkan kelompok difabel Murid (netra, rungu, grahita, daksa, laras, down syndrome, autis, slow learning, ganda).
    24. Calon murid baru warga negara Indonesia dan warga negara asing kelas 10 (sepuluh) SMA/SMK yang berasal dari sekolah di luar negeri selain memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud pada huruf a dan b harus mendapatkan surat rekomendasi izin belajar, dan permohonan surat rekomendasi izin belajar disampaikan kepada Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah untuk calon Murid baru Satuan Pendidikan SMA, dan Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Pendidikan Khusus, dan Pendidikan Layanan Khusus untuk calon Murid baru Satuan Pendidikan SMK.
    25. Bagi Satuan Pendidikan SMA/SMK yang menerima Murid warga negara asing wajib menyelenggarakan matrikulasi Bahasa Indonesia paling singkat 6 (enam) bulan yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan yang bersangkutan.
    26. Bagi Satuan Pendidikan SMA/SMK yang berada di kabupaten/kota perbatasan langsung dengan luar provinsi Jawa Timur dapat menerima calon Murid dari luar provinsi Jawa Timur yang berbatasan selama kuota daya tampung belum terpenuhi tanpa dibatasi kuota.
    27. Calon Murid baru tidak sedang terlibat dalam tindak pidana dan penyalahgunaan narkoba, tidak bertato dan/atau tidak bertindik bagi calon Murid baru laki-laki, dan tidak bertindik bukan pada tempatnya bagi calon Murid baru wanita, dengan mengisi isian surat pernyataan.
    28. Mengisi surat pernyataan dari orang tua/wali yang menyatakan bahwa semua data dan dokumen yang digunakan untuk pendaftaran SPMB Provinsi Jawa Timur Tahun Ajaran 2025/2026 bersifat otentik dan dapat dibuktikan keasliannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dan benar sesuai dengan keterangan yang tercantum dalam dokumen yang digunakan. (surat pernyataan orang tua/wali terlampir pada juknis).

     

    Berita Terbaru
    Berita

    Majalah SMAKARAYA Edisi 1 Tahun 2025

    Mon, 30 Jun 2025

    Majalah SMAKARAYA Edisi 1 Tahun 2025 Hai hai Sobskar…..Dengan penuh kebanggaan dan rasa syukur kepada…

    SMAN 1 Karangjati Buktikan Diri Sebagai Talenta Olahraga Unggul di O2SN

    Tue, 24 Jun 2025

    Pelatihan Anggota Brigade Penolong 13.21 – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Ngawi Tahun 2025 Di Taman Candi Ngawi

    Wed, 04 Jun 2025
    Artikel Terbaru

    Program “Go Green SMA Negeri 1 Karangjati” : Edukasi dan Aksi Nyata untuk Lingkungan Berkelanjutan

    Tue, 20 May 2025

    Pendidikan Karakter dalam Membina Akhlak Siswa SMA

    Sun, 09 Mar 2025

    Pentingnya Kewirausahaan bagi Generasi Z dalam Menghadapi Masa Depan yang Kompleks

    Wed, 26 Feb 2025
    Stay In Touch
    • Twitter
    • Instagram
    • YouTube
    • TikTok

    SMA Negeri 1 Karangjati merupakan salah satu sekolah di kabupaten Ngawi yang beralamat lengkap di Jl.Raya Caruban-Ngawi Km. 16 Desa Sidokerto, Karangjati, Ngawi, Jawa Timur Kode Pos 63285.

    Email: [email protected]
    Phone: 0351-661729

    Info Acak

    Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas 12 SMA Negeri 1 Karangjati Tahun Pelajaran 2024/2025

    Mon, 05 May 2025398 Views

    Launching Perdana Websmakar: Performa Baru Semangat Baru

    Tue, 31 Dec 2024292 Views

    Fashpoem: Unity In Diversity-Celebrating Kartini through Fashion, Speech, and Poetry

    Sat, 12 Apr 2025175 Views
    Lokasi
    Instagram YouTube WhatsApp TikTok
    © 2025 - SMA Negeri 1 Karangjati.

    Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.